Old Amsterdam Cheese


 


Image result for old amsterdam
Sejarah 
Ikan dari Laut Selatan

Lambertje Veerman van Griet adalah seorang wanita muda yang ramah dari desa kecil Zuider Zee di Huizen, pada akhir abad kesembilan belas. Dia secara teratur menggunakan horsecar untuk tamasya ke Amsterdam untuk membeli renda untuk kostum Huizer tradisional. Pasar Noorder adalah favoritnya. Di sini Anda dapat menemukan keju yang lezat dan matang sepenuhnya yang tidak tersedia di Huizen. Dia selalu membeli sepotong untuk dinikmati di rumah.

Lambertje menikahi Gijsbert Westland. Sebagai pedagang ikan, pasangan yang sudah menikah mengunjungi ibukota secara teratur. Di sana ikan diperdagangkan dan kadang-kadang ditukar dengan makanan khas Amsterdam seperti sosis sapi mentah, toples acar, roti Yahudi dan…. keju dari distrik Jordaan Amsterdam. Keluarga Westland sangat tertarik dengan aroma halus keju yang telah matang ini.

Dari ikan ke keju

Pembangunan Bendungan IJsselmeer pada tahun 1932 menandakan akhir bagi banyak nelayan di Huizen. Tirai juga jatuh untuk Lambertje dan Gijsbert. Namun mereka segera menemukan gairah baru: keju!

Seperti ikan, keju dijual di jalan dari sepeda kargo, yang dengan keranjang raksasa di depan. Putra bungsu pasangan itu, Lambert, secara teratur bersepeda ke Amsterdam untuk berdagang keju di sana juga. Dia menikmati makanan lezat yang indah dari ibu kota, keju yang matang sepenuhnya dengan rasa khusus yang mengingatkannya pada hari-hari yang berlalu khususnya.

Keju perdagangan

Keluarga Westland telah memperdagangkan keju selama bertahun-tahun ketika Lambert menemui pedagang grosir Koopman di pameran keju Sint Olofskapel di Amsterdam, di akhir tahun empat puluhan. Mereka berbagi hasrat yang sama untuk keju dan pertemuan itu memicu awal persahabatan yang panjang, di mana Westland mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang keju.

Awal Mula Amsterdam

Lambert memiliki visi yang jelas. Dia ingin memperkenalkan keju serupa yang lezat dan matang di jajaran Westland, keju yang biasa dibawa ibunya dari Jordaan Amsterdam dan kemudian pada dirinya sendiri. Keju yang mudah dipotong memiliki sedikit rasa manis dan sangat halus dan lembut.

Westland terus tumbuh. Dengan pengambilalihan pedagang grosir keju Koopman pada awal tahun tujuh puluhan, keluarga tersebut memperoleh gudang keju sendiri di Lijnbaansgracht di Amsterdam. Ini adalah lokasi yang ideal untuk pematangan keju, termasuk keju yang lezat, matang sepenuhnya yang merupakan favorit di antara keluarga Westland.

Kandungan Nutrisi 
Ukuran Porsi 1 ons (28g)

Jumlah / Penyajian: Kalori 120,
Total Lemak 10g (13% DV)
Lemak Jenuh 7g (33% DV),
Lemak Trans 0g,
Kolesterol 30mg (10% DV),
Sodium 270mg (12% DV),
Total Karbohidrat 0g (0%) DV),
Serat Makanan 0g (0% DV),
Total Gula 0g, Termasuk 0g
gula tambahan (0% DV),
 Protein 8g (17% DV),
Vitamin D 0% DV,
Kalsium 20% DV,
Besi 0% DV,
Potasium 2% DV.


Manfaat 
Sebagai produk susu, keju secara alami kaya akan protein dan kalsium, di antara nutrisi lainnya. Ini juga mengandung zat yang disebut Conjugated Linoleic Acid dan Sphingolipid yang dapat membantu mencegah kanker. Selain itu, vitamin B dalam keju bermanfaat untuk menjaga fungsi tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit. Terlebih lagi, makan keju tertentu seperti gouda (seperti Old Amsterdam) segera setelah makan atau makanan ringan telah ditunjukkan untuk membantu mencegah kerusakan gigi.

Karakteristik
Old Amsterdam dibuat dari resep keluarga rahasia yang memberikan profil rasa yang kompleks, sering digambarkan dengan istilah-istilah seperti "butterscotch / karamel" dan "kaldu." Dibandingkan dengan gouda tua lainnya, Old Amsterdam tidak kering, rapuh, atau asin. Ini memiliki tekstur yang halus, yang membuatnya lembut di mulut, dan mudah dipotong atau diiris.


Sumber :
https://oldamsterdamcheesestore.com/uncategorized/history-old-amsterdam/
https://oldamsterdam.com/frequently-asked-questions/

Komentar

Postingan Populer