Pengelolahan Roti Dan Kue


1.        Amaretto (bahasa Italia untuk "sedikit pahit") adalah minuman keras Italia manis yang berasal dari Saronno ,Italia . Meskipun awalnya dibumbui oleh almond pahit, berbagai merek komersial modern dibuat dari dasar batu aprikot , batu persik, atau almond, yang semuanya merupakan sumber alami benzaldehyde yang memberikan rasa utama seperti almond dari liqueur. Nama amarettoberasal dari kata bahasa Italia amaro kecil , yang berarti "pahit", yang merujuk pada rasa khas yang dipinjamkan olehmandorla amara atau oleh kernel drupe . Namun, kepahitan amaretto cenderung ringan, dan pemanis (dan kadang-kadang almond manis) meningkatkan rasa dalam produk akhir. Dengan demikian orang dapat menafsirkan nama minuman keras sebagai deskripsi rasa sebagai "sedikit pahit".

2.        Angelica adalah tanaman herbal dari keluargaApiaceae, subspesies yang dibudidayakan bagian batang dan akarnya. Herbal ini sering digunakan sebagai penambah rasa atau wangi‐wangian. Angelica juga digunakan untuk membatu mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan, perut kembung, kram perut, rematik, dan kelainan kulit.

3.        Crème anglaise ( Bahasa Prancis untuk "Krim Inggris") adalah custardringan yang digunakan sebagai krim penutup atau saus. Ini adalah campurangula , kuning telur , minyak, dan susu panas yang sering dibumbui denganvanila . Namanya mungkin berasal dari prevalensi puding manis dalam hidangan penutup Inggris .

4.        Arrowroot adalah tepung bebas gluten yang merupakan salah satu sumber karbohidrat alami terbaik. tepung umbi garut adalah nama indonesia dari arrowroot powder, bisa menjadi penganti tepung maizena juga. Jenis tepung bebas guten yang berasal dari jenis umbi-umbian garut. Memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi serta mudah dicerna, sehingga baik untuk yang sedang bermasaah dengan pencernaan.

5.      Aspic adalah hidangan di mana bahan diatur menjadiagar - agar yang terbuat dari kaldu daging atauconsommé . Hidangan non-gurih , sering dibuat dengan campuran gelatin komersial tanpa stok atau consommé, biasanya disebut salad jellodi Amerika Serikat atau salad gelatin di tempat lain. Ketika didinginkan, kaldu yang dibuat dari daging bubur karena gelatin alami yang ditemukan dalam daging.

6.        Batter yaitu campuran bahan-bahan yang tersusun dari tepung terigu, pati jagung, gums (CMC), dan bumbu lainnya. Batter dapat menjadi solusi untuk meminimalisir menurunnya aspek sensori pada produk dengan cara melapisi produk pangan karena lapisan batter dapat mencegah produk mengalami kehilangan air berlebih selama proses penggorengan dan menurunkan penyerapan minyak berlebih ke dalam produk. Selain itu, batter berfungsi memudahkan tepung roti atau breadcrumb menempel pada bahan makanan. Batter adalah adonan tipis yang dapat dengan mudah dituang ke dalam wajan. Katabatter berasal dari kata Perancis battre yang berartimengalahkan , karena banyak batter membutuhkan pemukulan atau pengocokan yang kuat dalam persiapan mereka.

7.      Baume

8.      Krim Bavaria , creme bavaroise atau bavaroissederhana adalah hidangan penutup yang terdiri dari susu yang ditebal dengan telur dan gelatin atauisinglass , di mana krim kocok dilipat. Campuran terbentuk dalam cetakan dingin dan tidak dicetak untuk disajikan. Versi sebelumnya, kadang-kadang disebut fromage bavarois , tidak termasuk telur. Krim Bavaria adalah hidangan penutup klasik yang termasuk dalam repertoar koki Marie-Antoine Carême , yang terkadang dikreditkan dengan itu. Dinamai pada awal abad ke-19 untuk Bavaria atau, mungkin lebih mungkin dalam sejarah masakan haute , untuk orang Bavaria yang berkunjung secara istimewa, seperti Wittelsbach

9.      Beignet itu sendiri adonan roti goreng ditabur gula pasir, mirip dengan bolang-baling di Jawa. Beignet New Orleans ini lebih mengarah ke struktur donat. Dalam bahasa Perancis Beignet artinya gorengan. Di Belanda menjelang Natal dan tahun baru banyak penjual Oliebollen yang juga berdagang Appelbeignet atau Ananasbeignet.

10.  Blackjack adalah minuman yang terbuat dari scotch whisky pilihan dan resep cola. Dengan kandungan alkohol hanya 4,8%, minuman ini termasuk ringan dan rasa yang manis.

11.  Bombe mixture

12.  Bombes

13.  Boulangerie yaitu toko yang membuat dan menjual roti

14.  Buttermilk awalnya adalah cairan yang dihasilkan dari pengolahan krim kental menjadi mentega. Pada jaman dulu orang membuat mentega menggunakan alat pengocok kayu dan manual. Nah cairan sisanya ini lah yang disebut buttermilk, masuk akal juga jika kemudian diberi sebutan buttermilk -susunya mentega. Buttermilk kini dibuat dengan fermentasi dari susu segar dengan menambahkan bakteri asam laktat yang rendah lemak. Hasilnya susu segar akan mengental dan mempunyai rasa asam. Namun tidak sekental atau setajam rasa yogurt.

15.  Calvados ( Pengucapan bahasa Prancis: [ kal.va.dos] ) adalah brandy apel atau pir dari wilayah Normandia di Prancis. Calvados disuling dari sari yang terbuat dari apel khusus yang ditanam dan dipilih, dari lebih dari 200 varietas bernama

16.   Candied adalah makanan berkalori tinggi yang pada umumnya berbahan dasar gula, air, dan sirup fruktosa. Para ahli pernah menemukan permen purba di Mesir sekitar 3500 tahun yang lalu. Dan di tempat yang lain juga pernah ditemukan gumpalan madu kering yang diduga dijadikan permen oleh manusia purba pada saat itu.

17.  Caramel adalah gula-gula yang terbentuk dari proses karamelisasi, sehingga menghasilkan cairan lengket berwarna beige sampai cokelat gelap. Karamel kadang terbentuk ketika memasak permen.

18.  Caramel fruit yaitu sama seperti kamarel biasa hanya saja bahan dasarnya terbuat dari buah-buahan

19.  Caramelized yaitu melarutkan gula dengan air sambil memasaknya di atas kompor gas hingga mendidih dan b1erubah menjadi karamel. Atau metode memasak daging, sayur, bawang, atau buah pada wajan panas di atas kompor gas untuk mengeluarkan gula alaminya.

                                                      

20.  Cassata atau Cassata siciliana adalah sebuah makanan manis tradisional dari wilayah Palermo dan Messina,[1]Sisilia, Italia. Cassata juga merujuk kepada es krim Neapolitan yang berisi kacang atau buah yang dikeringkan atau dijadikan manisan. Cassata terdiri dari kue sponge bundar yang dicampur dengan jus buah atau liqueurdan dipadu dengan keju ricotta, manisan buah, dan isian coklat atau vanila yang mirip dengan krim cannoli.

21.  Charlotte

22.  Chocolate vermicelli

23.  Compote merupakan campuran berbagai macam buah dalam bentuk utuh atau potongan yang dimasak dalam sirup gula, dapat ditambah dengan rempah-rempah (cengkeh, kayu manis) sehingga menghasilkan sesuatu yang baru tetapi padu. Buah yang digunakan buah yang bertekstur lunak untuk mempersingkat waktu pemasakan.

24.  Coulis yaitu benyuk saus yang kental yang terbuat dari sayuran atau buah-buahan yang telah disaring

25.  Coupe yaitu ice cream atau shorbet yang divariasi dengan buah segar atau buah siap saji dan dilengkapi dengan syrup sebagai toping atau garnish

26.  Cointreau adalah sebuah merk dari minuman beralkohol sejenis triple sec yang berasal dari Prancis dan dibuat dari kulit jeruk yang dikeringkan. Cointreau pertama kali dibuat pada 1875 oleh Eduourd Cointreau, Kandungan alkohol dalam Cointreau adalah 40%.

27.  Creme de cacao adalah sejenis minuman beralkohol yang mempunyai rasa manis dan rasa coklat

28.  Creme de cassic adalah sejenis minuman beralkohol yang mempunyai rasa manis dan rasa blackcurrant

29.  Crepe adalah panekuk tipis yang terbuat dari gandum dan merupakan makanan yang sangat digemari di seluruh Eropa dan tempat lainnya. Bahan utamanya adalah terigu, telur, susu, mentega, dan garam.

30.  Creme fraiche, umumnya digunakan utk mengolah makanan Perancis,campuran saus, sup atau topping dessert. Kandunganlemaknya ckp tinggi. Teksturnya lembut, sangat kentaldan berwarna kekuningan. Rasanya asam, tp tdk seasam sour cream.

31.  Croquant adalah sejenis makanan ringan yg masih satu keluarga dengan “KUE SUS”, yang membedakan ialah topingnya, kalau cqroquant memakai toping kacang dan bisa diisi dengan berbagai varian rasa like Hokkaido Cheese, Matcha, Vanilla, Oreo, Peanut butter, Premium Cream, Nutella, en Strawberry

32.  Crystallization adalah proses pembentukan bahan padat dari pengendapan larutan, melt (campuran leleh), atau lebih jarang pengendapan langsung dari gas.

33.  Dariole yaitu istilah yang berasal perancis yang merujuk ke cetakan kecil, silinder, serta makanan penutup dipanggang di dalamnya.

34.  Essences

35.  Essential oil atau dikenal juga sebagai minyak eterik (aetheric oil), minyak atsirih, minyak terbang (volatile oil), serta minyak aromatik (aromatic oil), merupakan bahan dasar dari wangi-wangian atau minyak gosok (untuk pengobatan) alami.

36.  Flambé  adalah prosedur memasak dengan menyalakan api pada masakan yang mengandung atau diberi alkohol. Kata ini berarti "terbakar" dalam bahasa Prancis.

37.  Framboise yaitu sejenis minumal beralkohol yang difermentasikan dengan raspberry

38.  Frangelico adalah minuman keras berwarna emas pucat yang terbuat dari hazelnut Tonda Gentile. Ia disuling di rantau Piedmont Itali utara dari penyerapan alkohol dan air kacang-kacangan. Ekstrak perisa semulajadi seperti koko dan vanila ditambah sebelum campuran dengan alkohol, gula dan air untuk memenuhi kekuatan botol.

39.  Frappe adalah minuman es kopi khas Yunani yang bersalut buih, terbuat dari kopi instan, gula, air dan es. Frappe sering disebut juga dengan mendinginkan minuman dengan es.

40.  Friandise adalah sajian kue kering

41.  Galette adalah istilah Perancis untuk jenis kue yang bentuknya datar, bundar dan pipih seperti pancake. Konsep ini sebenarnya mirip dengan bing, pancake khas Cina. Di Perancis, istilah galette biasanya digunakan pada kue kering berukuran yang besar.

42.  Glace adalah kaldu coklat yang dipanaskan terus menjadi agak kental  " glarinous form" ukuran kekentalannya adalah bila sudah bisa menempel pada punggung sendok " coast the back of a spoon".

43.  Glaze yaitu kaldu yang dimasak perlahan-lahan sehingga mengental dan melengket tanpa bahan pengental.

44.  Gianduja adalah nama yang diberikan pada gaya coklat Eropa yang terbuat dari pasta coklat dan kacang. Pasta hazelnut paling sering terjadi, tapi gianduja juga bisa dibuat dengan pasta almond. Muncul dalam susu atau varietas coklat gelap.

45.  Grand Marnier yaitu cairan alkohol atau bir yang awalnya digunakan untuk memasak.

46.  Gratinate adalah proses pemberian warna coklat pada makanan yang sudah matang di bawah peralatan yang disebut salamander.

47.  Beurre noisette berarti mentega hazelnut atau hazelnut butter dan disebut juga brown butter. Dinamai demikian karena aromanya wangi seperti hazelnut yang dipanggang. Bentuknya berupa mentega cair berwarna bening kecokelatan dengan sedikit buih.

48.  Kirsch atau kirschwasser dapat diterjemahkan menjadi air ceri, merupakan salah satu minuman keras jenis brandy yang kering, tidak berwarna, dan merupakan hasil distilasi dari sari buah ceri morello hitam yang telah difermentasi.

49.  Liqeur dalah minuman beralcohol yang memiliki rasa manis dan diperoleh dari proses fermentasi buah anggur, biji bijian, kentang, Beras dll dan didetilasi secara berulang-ulang guna menambah kadar alcohol antara -/+ 38 %

50.  Madiera

51.  Maraschino yaitu minuman keras yang diperoleh dari distilasi ceri marasca

52.  Marsala adalah salah satu jenis anggur manis yang berasal dari marsala (italia)

53.  Mascarpone cheese adalah keju segar dari Italia yang dibuat dengan menggunakan krim dari susu sapi. Keju Mascarpone berwarna putih atau kuning serta memiliki tekstur yang sangat lembut dan halus.

54.  Macerate yaitu proses pembuatan anggur dimana bahan fenolik anggur-tanin, zat pewarna (anthocyanin) dan senyawa perasa diserap dari kulit anggur, biji, batang.

55.  Mise en Place yaitu persiapan dan penempatan segala peralatan dan perlengkapan yang akan digunakan dalam penghidangan sajian makanan pada tempatnya, sehingga memudahkan pada saat penggunaanya.

56.  Mouse yang berarti busa, adalah makanan prasaji yang memanfaatkan gelembung udara untuk menciptakan tekstur cerah dan berlubang. Mousse memiliki rasa manis atau berperisa.

57.  Mousseline sauce merupakan campuran dari hollandaise sauce dan heavy cream

58.  Nibs yaitu biji

59.  Nougat adalah sebuah permen yang terbuat dari gula atau madu, kacang panggang (badam, kenari, pistachio atau hazelnut, namun bukan kacang tanah) dan beberapa buah kering.

60.  Parfait adalah dessert atau makanan pencuci mulut yang berasal dari Perancis. Parfait memiliki tampilan yang cantik menggoda, dengan cita rasa manis dan lembut.

61.  Praline merupakan bentuk permen cokelat yang terbuat dari cokelat, mentega yang disajikan dalam bentuk beraneka ragam yang isinya seperti kacang, buah dan lain-lain.

62.  Puding yaitu hidangan penutup yang terbuat dari bahan baku susu (yogurt), tepung maizena, tapioka, atau telur yang cara penyajiannya didinginkan lebih dulu.

63.  Puree adalah makanan yang dilembutkan dengan menggunakan blender, dilumat atau disaring yang memiliki tekstur lembut, cair , dan kental.

64.  Romanoff sauce

65.  Sabayon yaitu teknik memasak yang menggunakan air yang terus dipanaskan sambil mengaduk bahan diatasnya dengan wadah yang lain.

66.  Saccharometer yaitu alat yang berfungsi untuk mengukur kepadatan gula dalam cairan.

67.  Saffron yaitu rempah yang berasal dari timur tengah yang berfungsi sebagai penyedap rasa pada makanan dan berasal dari tangkai putik bunga crocus sativu yang berwarna ungu

68.  Salamander Adalah sebuah alat dengan sumber api / panas dari bagian atas, dipergunakan untuk memberikan warna pada bagian atas makanan. Selain itu juga dapat diaplikasikan untuk merenyahkan bagian atas makanan.

69.  Tapioca pearl yaitu panganan yang terbuat dari tepung tapioka yang memiliki bentuk kecil-kecil atau biasa disebut dengan sagu mutiara.

70.  Zuppa inglese yaitu makanan penutup dari italia yang berbentuk seperti kue bolu dan memiliki rasa manis.

Komentar

Postingan Populer